"UMKM Naik Kelas", mungkin sebagian besar dari kita sudah sering mendengar kalimat itu, tapi tanpa kita tahu konsep sebenarnya. Tidak jelas mengerti tolak ukurnya, tidak tahu saat ini berada di kelas berapa, mau naik ke kelas berapa.

Bahkan, tidak sedikit UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang tidak memiliki target spesifik. Ketika ditanya, apa targetnya? sebagian besar menjawab ingin usahanya lebih maju, ingin lebih sukses, pemasaran luas, lebih laris dan lain sebagainnya. 

Itu tidak salah, namun tanpa target spesifik baik jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang, tentu tidak akan ada upaya membangun strategi, karena targetnya sendiri belum jelas.

Dalam dunia usaha, perencanaan yang efektif dan terukur adalah kunci kesuksesan. Disini kita akan membahas salah satu alat yang dapat membantu UMKM mencapai target, yaitu OKR (Objectives and Key Results). OKR bukan hanya sebuah metode, tetapi juga filosofi manajemen yang dapat memberikan arah yang jelas dan ukuran kinerja yang terukur.

Apa Itu OKR?

OKR adalah singkatan dari Objectives and Key Results. Dalam OKR, "Objectives" adalah tujuan besar yang ingin dicapai, sedangkan "Key Results" adalah langkah-langkah konkret dan terukur yang mendukung pencapaian tujuan tersebut. Metode ini dipopulerkan oleh perusahaan-perusahaan sukses seperti Google, dan sekarang menjadi alat yang efektif untuk membimbing UMKM.

Keuntungan dan Manfaat OKR untuk UMKM:

1. Peningkatan Fokus:

   - OKR membantu UMKM untuk fokus pada tujuan utama usaha kita, menghindari tujuan yang terlalu melebar sehingga tidak ada pencapaian.

2. Keterlibatan Karyawan:

   - Dengan memberikan setiap karyawan target yang jelas, OKR meningkatkan keterlibatan dan pemahaman tentang kontribusi masing-masing terhadap keseluruhan tujuan perusahaan.


3. Pemantauan Kemajuan yang Mudah:

   - Key Results yang terukur secara kuantitatif mempermudah pemantauan kemajuan. Ini memungkinkan perusahaan untuk melakukan penyesuaian strategi lebih cepat dan responsif.

4. Fleksibilitas dan Adaptabilitas:

   - OKR memungkinkan UMKM untuk beradaptasi dengan perubahan pasar atau kebijakan dengan lebih cepat karena fokus pada hasil yang dapat diukur.

5. Peningkatan Kolaborasi:

   - Dengan tujuan yang jelas, tim bekerja bersama-sama untuk mencapai hasil yang diinginkan, meningkatkan kolaborasi dan sinergi.

6. Pemberian Penghargaan dan Pengakuan:

   - Ketika tujuan tercapai, OKR memberikan kesempatan untuk memberikan penghargaan dan pengakuan kepada individu atau tim yang berkinerja baik.

Menerapkan OKR dapat menjadi langkah strategis bagi UMKM untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Dengan fokus yang diperkuat, keterlibatan karyawan yang tinggi, dan pemantauan kemajuan yang efisien, OKR bukan hanya sebuah metode, tetapi juga kunci untuk mengarahkan UMKM menuju keberhasilan yang lebih besar.

Ingin tahu lebih lengkap tentang OKR dan ilmu lainnya? yuk gabung di grup Whatsapp Forum Edukasi dan Diskusi Kampus UMKM Kuningan, klikGABUNG