Kampus UMKM -
Dinas Koprasi UKM Perdagagan dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kabupaten Kuningan kembali meraih prestasi dengan menjadi Juara 1 sebagai stand terbaik dalam Pameran Kuningan Fair 2023, yang berlangsung  pada tanggal 1-10 September 2023, peringatan HUT ke-525 Kuningan,di Open Space Gallery (OSG), Linggarjati, Kabupaten Kuningan.

Kepala Dinas Kopdagperin, U Kusmana,  mengatakan, dirinya yakin bahwa faktor utama dibalik kemenangan adalah kerjasama erat antara pemerintah pusat dan daerah, serta kolaborasi yang solid dengan berbagai pihak pendukung.

"Stand kami mencakup 5 area lokal yang beragam. Salah satunya adalah bagian dari dinas kami, satu lagi merupakan hasil kolaborasi dengan Bank Indonesia, Paxel, lembaga keuangan BUMN (pegadaian), dan tiga lainnya merupakan bagian dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) RI," ungkapnya.

Konsep sinergi erat antara pemerintah pusat dan daerah, telah diterapkan sebelumnya pada tahun 2022, di mana Diskopdagperin juga meraih gelar juara 1. Kerjasama yang konsisten memungkinkan untuk lebih efektif dalam menampilkan program-program dari Kemenkop UKM RI, serta berbagi inovasi dan prestasi.

Tidak hanya itu, Diskopdagperin juga telah merancang interior stand dengan estetika yang menarik, menciptakan lingkungan yang mengundang pengunjung untuk menjelajah. Selain itu, juga telah mengadakan bazar produk unggulan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kuningan dengan seleksi ketat. 

"Produk-produk ini telah lulus uji kualitas, memiliki izin usaha yang sah (NIB), izin edar, sertifikasi halal, SP-PIRT, dan kemasan yang telah dibina oleh Diskopdagperin," lanjutnya.

Sebagai upaya untuk meningkatkan keragaman dan daya tarik lebih lanjut, Diskopdagperin telah menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak (hexahelix) dan bahkan telah menyelenggarakan siaran langsung Geliat Sibadu podcast yang menampilkan para pelaku usaha, pemenang Program One Pesantren One Product (OPOP), food vlogger, tiktoker, dan banyak lagi. 

"Meskipun kami telah menjadwalkan Bapak Bupati Kuningan dan Sekda Kuningan sebagai salah satu narasumber dalam podcast tersebut, sayangnya, hal itu tidak dapat terlaksana karena kesibukan mereka," ujarnya. 

Diskopdagperin juga menyediakan layanan konsultasi pengembangan usaha, layanan kartu BBM bersubsidi, konsultasi perkoperasian, tera ulang gratis, dan bagi-bagi hadiah merchandise dari mitra. Semua komponen ini bersama-sama telah berkontribusi pada kesuksesan stand Diskopdagperin sebagai yang terbaik dalam Pameran Kuningan Fair 2023.