Berita Kuningan - Tak hanya bagi anggota TNI, perayaan HUT ke-78 TNI di Makodim 0615/Kuningan juga membagi kebahagiaan kepada masyarakat, termasuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Kuningan. 

Sejumlah kegiatan sosial dilaksanakan, seperti pengobatan gratis, sunatan masal, dan donor darah di Makodim 0615/Kuningan. Masyarakat sekitar antusias menyambut kesempatan ini, yang memberikan akses layanan kesehatan secara gratis.

Kebahagiaan juga dirasakan para pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan. Dalam bazar UMKM yang diselenggarakan dalam rangkaian acara HUT TNI ke-78, Kodim 0615/Kuningan merangkul  Komunitas UMKM Ciremai Kuningan (KUCIKU).

Bukan kali pertama, Kodim 0615/Kuningan sering melibatkan pelaku UMKM dalam berbagai kegiatan. Para ibu-ibu Persit tampak antusias memborong produk-produk UMKM yang ditawarkan di bazar ini. Mulai dari minuman, aneka makanan ringan, parfum hingga madu.

Ketua Persit KCK (Kartika Chandra Kirana) Cabang XXVI Kodim/0615 Kuningan Ny. Jija Bambang Kurniawan mengungkapkan bahwa salah satu tujuan dari kolaborasi ini adalah untuk membantu memperkenalkan dan memasarkan produk-produk UMKM. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan keterkenalan produk-produk lokal sehingga makin laris di pasaran.

"Untuk membantu pemasaran UMKM, khususnya di wilayah Kabupten Kuningan. Semoga UMKM Kuningan semakin maju, semakin laris dan banyak pelanggan," ungkapnya.

Sementara itu, Dewi Puspita, pengurus KUCIKU, mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Kodim 0615/Kuningan, termasuk dari Ibu-ibu Persit Chandra Kirana Cabang XXVI Kodim 0615/Kuningan kepada pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan. 

"Saya mewakili teman-teman UMKM mengucapkan terimakasih atas dukungan yang diberikan oleh Kodim Kuningan, juga Ibu-ibu Persit Chandra Kirana yang selalu mendukung kami para pelaku UMKM, khususnya yang berada di wilayah Kabupate  Kuningan," ungkap Dewi. 

Dewi menambahkan, produk yang digelar tak hanya dari Komunitas KUCIKU, tapi juga dari berbagai anggota lintas komunitas yang tergabung dalam Kampus UMKM Kuningan. 

Tujuan dirangkulnya Kampus UMKM Kuningan adalah untuk membuka pintu, dan memberikan kesempatan yang sama bagi para pelaku UMKM yang tergabung dalam 23 komunitas lainnya di Kabupaten Kuningan, untuk bersama,berupaya mengembangkan usahanya.

Selain itu, para pelaku UMKM berharap agar kolaborasi ini terus berlanjut antara Kodim 0615/Kuningan, KUCIKU, dan Kampus UMKM Kuningan. Semoga kerja sama ini memberikan dampak positif bagi perkembangan UMKM di Kabupaten Kuningan. (AR27/Red?