Salam Sukses Sobat Kampus UMKM Kuningan! Siapa disini, yang jika menawarkan produknya hanya fokus pada keunggulannya saja? 

Itu tidak salah, namun alangkah baiknya jika kita menerapkan strategi 3 K (Keinginan, Keunggulan, dan Keterdesakan. Strategi ini InsyaAllah efektif untuk menawarkan produk agar calon pembeli tertarik untuk membeli. Mari kita bahas satu per satu:


1. Keinginan (Desire): 

Pada tahap ini, fokuslah untuk membangkitkan keinginan calon konsumen terhadap produk Kita. Jelaskan manfaat dan nilai lebih yang mereka dapatkan dari produk Kita. Misalnya, jika Kita menjual makanan ringan, jangan hanya menyebutkan bahwa makanan ringan tersebut enak, gurih atau renyah, tetapi, gambarkan bagaimana makanan ringan tersebut sesuai dengan keinginan target market kita. 

Misalkan target market kita adalah mereka yang peduli akan kesehatan, karena produk kita adalah makanan organik, maka sampaikan hal itu agar memicu keinginan calon konsumen untuk membeli produk kita. 

Contoh :  "Ingin merasakan kenikmatan sehat dan Alami? Cobalah camilan sehat kami, yang dibuat dari bahan-bahan alami pilihan tanpa tambahan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. 


2. Keunggulan (Advantage):  

Tunjukkan keunggulan produk Kita dibandingkan dengan produk sejenis. Jelaskan dengan detail mengapa produk Kita lebih baik dan lebih unggul. 

Contoh :  "Tersedia berbagai varian rasa yang unik dengan resep rahasia warisan keluarga, mulai dari rasa original hingga rasa pedas memukau yang hanya bisa didapat di produk ini"


3. Keterdesakan (Urgency): 

Buat calon konsumen merasa terdesak, misalnya dengan memberikan penawaran yang terbatas waktu atau ketersediaan produk yang terbatas. Seperti, menawarkan diskon spesial untuk pembelian dalam waktu tertentu atau berikan bonus tambahan untuk pembelian pada hari-hari tertentu dengan waktu terbatas. Mungkin kita sering melihat contoh yang dilakukan di Marketplace seperti Flas Shale, dan lainnya.

Contoh : "Hanya hari ini! Dapatkan bonus satu paket makanan ringan ekstra untuk setiap pembelian 3 paket makanan ringan kami. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk menikmati camilan lezat dan sehat!"

Dengan menggabungkan strategi 3K ini, InsyaAllah Kita dapat menggugah minat calon konsumen dan meningkatkan penjualan produk Kita. Jangan lupa, komunikasikan nilai tambah dan manfaat produk kita dengan terperinci.

Sampai jumpa lagi dengan tips-tips lainnya. Bagi yang berminat bergabung dengan grup WhatsApp Keluarga Besar Kampus UMKM Kuningan bisa klik : Disini